Tips Mengatasi Kulit Berminyak ala dr Ekles - Ekles Clinic | Klinik Kecantikan, Perawatan Wajah, Treatment Wajah
Tips Mengatasi Kulit Berminyak ala dr Ekles

Tips Mengatasi Kulit Berminyak ala dr Ekles

Kulit berminyak menjadi banyak persoalan di banyak orang. Kondisi kulit yang berminyak bisa terjadi, saat kelenjar sebasea yang ada pada kulit menimbulkan sebum yang berlebihan. Sebum ini adalah minyak alami yang memiliki fungsi, yakni melapisi kulit dan juga rambut. Produksi sebum yang berlebih akan membuat kulit terlihat mengkilap dan juga berkilau.

Bila tidak dirawat dengan benar, maka akan menimbulkan banyak masalah, terutama jerawat, komedo, dan pori kulit yang membesar. Di dalam program VDVC Health, yakni Solusi Penyakit, dr Ekles atau Eklendro Senduk, D.AAAM, M.Ks. berusaha untuk memberikan solusi dan tips mengatasi kulit berminyak. Ada pun tips yang dimaksudkan adalah seperti apa yang dijelaskan di bawah ini!

Apa Itu Kulit Berminyak?

Kulit berminyak adalah kondisi kulit yang mengalami hiperaktivasi dari kelenjar minyak, sehingga produksi minyak yang dihasilkan menjadi berlebih.

Fungsi Sebum

Terkait kulit berminyak, maka perlu membahas mengenai fungsi sebum. Adapun fungsi sebum bukan lah memberikan dampak buruk terhadap kulit tertentu seseorang. Jadi fungsi sebum ini melapisi kulit dan rambut untuk tumbuh normal dan subur. Ada pun yang menjadi masalah adalah bila sebum ini berlebihan. Bahkan jika kelenjar minyak tertutup sel kulit mati bisa mengakibatkan pengeringan dari minyak tersebut, sehingga timbul komedo. Nah, komedo ini apabila terkena kotor atau infeksi akan berakhir menjadi jerawat.

Kenapa Seseorang Memiliki Kulit Berminyak?

Seseorang memiliki jenis kulit berminyak bisa dikarenakan genetik, faktor pencetus seperti hormonal (pubertas, dan pemakaian KB hormon), faktor dalam seperti makanan protein tinggi, dan faktor dari dalam lainnya seperti psikis juga sering tidur larut. Jadi, faktor-faktor inilah yang akan memicu hiperaktivitas kelenjar minyak.

Gejala dari Kulit Berminyak

Gejalanya seperti apa? Memang kulit tampak mengkilat karena produksi dari kelenjar minyak tersebut. Hati-hati bila sering beraktivitas outdoor, pemakaian make up berlebih yang sering dilakukan wanita, maka akan mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori kulit. Nah, minyak ini kalo sudah tersumbat di pori-pori akan mengakibatkan komedo. Penampakan komedo di kulit bisa ada 2 macam, yaitu komedo tertutup atau beruntusan, dan komedo terbuka. Apa pun itu, keduanya adalah komedo. Hati-hati, bagi Anda yang sering ada komedo, ketika terkena infeksi dan atau kotor, maka akan mengakibatkan jerawat. Itu sebabnya, orang dengan kulit berminyak akan cenderung berjerawat.

Kelangsungan Kondisi Kulit Berminyak

Bagi orang yang mengalami kondisi kulit berminyak apakah akan selamanya mengidap kondisi kulit ini? Apabila genetik atau herediter, maka Anda akan selamanya memiliki kondisi kulit berminyak. Namun, jangan khawatir, kulit berminyak bukan masalah, yang menjadi masalah bila terjadi hiperaktivitas pada kelenjar minyak.

Apakah Kulit Berminyak adalah Suatu Kelainan?

Ada pertanyaan yang timbul di masyarakat yang menanyakan bahwa apakah kulit berminyak adalah suatu kelainan? Nah, sebenarnya ini bukanlah kelainan melainkan jenis kulit. Selama tidak ada masalah berarti atau kelainan hiperaktivitas dari kelenjar minyak itu berarti dikatakan baik-baik saja walaupun memiliki jenis kulit berminyak. Nah, timbul masalah apabila ada hiperaktivasi dari kelenjar minyak ini, seperti timbulnya komedo atau mengakibatkan masalah jerawat.

Solusi Mengurangi Minyak pada Kulit Wajah

Gimana solusi untuk mengurangi minyak pada kulit wajah? Pertama, rajin cuci muka hingga 2 sampai 3 kali sehari. Memang tidak disarankan untuk cuci muka berlebihan karena malahan akan merangsang produktivitas dari minyak tersebut, malah akan berlebih di kulit. Yang kedua, produk untuk mengurangi minyak, seperti produk yang beredar di pasaran yang isinya asam salisilat. Ketiga, pilih produk yang dikhususkan untuk kulit berminyak seperti label water base, atau non komedogenik. Keempat, hindari faktor-faktor pencetus yang mengakibatkan hiperaktivitas kelenjar minyak, seperti kurangi makan tinggi protein, kurangi faktor stress atau pun tidur larut malam.

Penggunaan Kertas Minyak pada Kulit

Apakah penggunaan kertas minyak disarankan? Sebenernya sah-sah aja, penggunaan kertas minyak ini hanya untuk mengurangi minyak seketika pada waktu dilap di kulit. Namun, ingat, penggunaan dari kertas minyak ini bukan difungsikan untuk pengobatan.

Treatment untuk Mengurangi Minyak Berlebihan

Apakah ada treatment tertentu untuk mengurangi minyak yang berlebihan? Nah, bila Anda yang sudah memiliki problem seperti komedo dan jerawat disarankan untuk melakukan treatment yang rutin disertai dengan skincare setiap hari. Biasanya penggunaan krim yang mengandung antibiotik ataupun kalau treatment ke klinik secara rutin dianjurkan chemical peeling juga cara terbaru adalah dilakukan laser untuk mematikan kuman penyebab jerawat.

Demikian penjelasan dari dr Ekles atau Eklendro Senduk, D.AAAM, M.Ks. terkait solusi dan tips mengatasi kulit berminyak. Baca info kecantikan lainnya ya, hanya di blog Klinik Ekles!

Featured image: Foto by VDVC Health Youtube Channel

Post a comment