Perawatan Tepat Bebas Jerawat Bagi Pemilik Kulit Berminyak - Ekles Clinic | Klinik Kecantikan, Perawatan Wajah, Treatment Wajah
acne day cream premium

Perawatan Tepat Bebas Jerawat Bagi Pemilik Kulit Berminyak

Memiliki tipe wajah berminyak pastinya butuh perawatan yang ekstra. Jika tidak dirawat dengan tepat wajah akan terlihat mengkilap bahkan mudah timbul jerawat. Bukan hanya sekedar menggunakan acne day cream premium saja, tapi Anda perlu melakukan perawatan lainnya baik perawatan dari luar maupun dari dalam.

Masih banyak orang yang hanya berfokus pada perawatan luar saja. Padahal memiliki kulit cantik, sehat dan terawat juga perlu dilakukan dari dalam. Dengan begitu akan membantu Anda dalam memiliki kulit sehat seperti yang diimpikan.

Apakah kulit wajah Anda termasuk dalam tipe kulit wajah berminyak? Mungkin Anda pernah atau saat ini sedang mengalami masalah kulit hingga muncul jerawat di beberapa area wajah. Munculnya jerawat tentu bisa mengganggu penampilan apalagi jumlahnya cukup banyak.

Tentu Anda akan merasa kesulitan atau kurang leluasa saat mengaplikasikan make up pada kulit wajah yang berjerawat. Apalagi kondisi jerawat yang sedang meradang sehingga butuh penanganan yang tepat agar kulit wajah kembali sehat. Coba terapkan perawatan berikut yang bisa Anda lakukan secara rutin di rumah.

 

Facial Wash

Kulit wajah memproduksi minyak atau sebum yang berfungsi untuk melembabkan kulit. Namun produksi minyak berlebih justru menyumbat pori-pori wajah. Bagaimana jadinya jika pori-pori wajah tersumbat? Tentunya kulit wajah akan kusam, muncul komedo hingga jerawat.

Untuk menjaga kulit tetap bersih dan mengurangi produksi minyak, maka Anda perlu menggunakan facial wash yang tepat. Meski banyak produk facial wash yang dijual di pasaran namun Anda harus memastikan komposisi bahan aktifnya. Hindari produk facial wash yang mengandung alkohol dan parfum karena kandungan tersebut dapat membuat iritasi kulit.

Lebih baik Anda memilih facial wash yang memiliki formulasi bahan panthenol atau vitamin B5 serta asam salisilat. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih dan membantu menjaga kelembaban kulit.

 

Toner

Setelah membersihkan wajah, gunakan toner sebagai tahapan perawatan selanjutnya. Mungkin sebelumnya Anda tidak melakukan tahapan yang satu ini. Tapi tidak ada salahnya jika mulai sekarang Anda memasukkannya ke dalam tahapan perawatan.

Jika ingin menggunakan toner untuk kulit wajah berminyak, usahakan memilih hydrating toner. Hydrating toner memiliki fungsi untuk meredakan kelebihan minyak serta melembabkan wajah. Biasanya, hydrating toner bertekstur cair sehingga nyaman saat diaplikasikan pada kulit wajah. Penggunaan toner juga bisa membantu proses penyerapan bahan aktif pada tahapan skincare selanjutnya.

 

Pelembab

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa menggunakan pelembab akan membuat kulit wajah terlihat lebih berminyak. Justru dengan menggunakan pelembab dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih. Jika tidak menggunakan pelembab maka akan rentan muncul komedo sehingga disarankan untuk menggunakan pelembab untuk meminimalisir munculnya komedo.

Sebagai pemilik kulit wajah berminyak, Anda tentu perlu memilih jenis pelembab yang nyaman. Usahakan memilih pelembab water based dengan label non-comedogenic. Pelembab berbasis air sangat ringan digunakan dan mudah menyerap sehingga tidak membuat kulit terlihat berminyak.

Mungkin Anda juga bisa mempertimbangkan pelembab dengan beberapa kandungan bahan seperti aloe vera, vitamin, hyaluronic acid dan retinoid. Selalu perhatikan cara penggunaan pelembab yang benar agar memberikan hasil yang maksimal. Karena kandungan beberapa bahan tersebut mungkin hanya bisa digunakan saat malam hari.

Apabila jerawat pada wajah mulai meradang, Anda bisa memilih menggunakan pelembab khusus untuk jerawat. Ada beragam alternatif pelembab yang bisa Anda pilih seperti misalnya acne day cream premium. Bila perlu lakukan konsultasi dengan dokter kulit agar tidak salah menggunakan pelembab untuk kulit berjerawat.

 

Sunscreen

Setiap jenis kulit disarankan menggunakan sunscreen untuk melindungi dari paparan sinar UVA UVB. Begitu juga dengan kulit berminyak juga harus menggunakan sunscreen setiap pagi hingga siang hari.

Sama halnya saat memilih pelembab, Anda perlu memilih sunscreen yang berbasis air atau water based. Tidak hanya water based saja tapi disarankan untuk memilih sunscreen dengan kandungan zinc oxide serta titanium dioksida. Penggunaan sunscreen bukan sekedar melindungi dari paparan sinar matahari saja tapi juga mencegah flek dan keriput pada wajah.

 

Scrub

Setiap harinya wajah terkena paparan debu dan polusi. Penggunaan produk-produk kecantikan seringkali memberikan beban pada kulit wajah. Agar wajah tidak kusam maka Anda perlu mengeksfoliasi kulit setiap 2 kali seminggu.

Eksfoliasi bisa dilakukan dengan scrub yang memiliki kandungan bahan alami. Pilih scrub yang tidak terlalu kasar guna menghindari terjadinya iritasi pada kulit wajah. Dengan melakukan scrub dalam waktu tertentu maka sel kulit mati akan terangkat dan jerawat tidak mudah muncul.

Apakah cukup melakukan perawatan dari luar saja? Tentu saja Anda masih perlu melakukan perawatan dari dalam jika ingin memiliki kulit yang sehat. Karena perawatan dari luar saja belum tentu bisa mengobati permasalahan kulit wajah Anda.

 

Konsumsi Makanan Sehat Makanan

Ada beragam jenis makanan yang bisa membantu mengurangi masalah wajah berjerawat. Terlebih jerawat sudah semakin banyak yang muncul hingga mengganggu penampilan Anda. Apa saja jenis makanan yang bisa mencegah dan mengusir jerawat?

Pepaya merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat. Pepaya bisa dijadikan masker wajah yang bermanfaat untuk menghidrasi kulit serta mencegah timbulnya jerawat. Tak hanya itu, mengkonsumsi pepaya yang kaya kandungan vitamin dan mineral dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit.

Makanan sehat selanjutnya yang membantu mengurangi munculnya jerawat adalah gandum utuh. Makanan yang rendah gula ini memang menjadi favorit bagi orang yang menjalankan program diet. Anda bisa mulai mengurangi atau mengganti konsumsi nasi dengan gandum utuh untuk mengurangi terbentuknya jerawat.

Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan kulit adalah salmon. Kandungan omega-3 pada salmon dapat membantu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Selain itu, salmon juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Tidak heran jika salmon menjadi salah satu jenis makanan sehat yang direkomendasikan untuk menunjang kesehatan kulit.

Kacang-kacangan termasuk dalam jenis makanan yang bisa membantu mencegah munculnya jerawat. Tidak sedikit yang beranggapan jika mengkonsumsi kacang-kacangan memicu munculnya jerawat pada wajah. Padahal mengkonsumsi kacang-kacangan dalam batas wajar dapat menjaga kestabilan kadar gula darah termasuk mencegah muncul jerawat.

Masih ada beragam jenis makanan sehat yang baik untuk kesehatan kulit seperti ubi, kale, labu, quinoa yang baik dikonsumsi sehari-hari. Namun sebelum mengkonsumsinya Anda perlu memastikan tidak memiliki alergi dengan beberapa jenis makanan tersebut.

Penting melakukan perawatan dari luar dan dari dalam jika ingin memiliki kulit sehat terawat. Menjalani gaya hidup sehat akan membuat kesehatan Anda lebih terjaga. Tidak hanya sekedar sehat di kulit saja tapi juga sehat tubuh.

Pemilihan produk-produk perawatan kulit juga harus dipertimbangkan agar tidak mengalami masalah kulit. Jika Anda bingung menentukan acne day cream premium yang cocok berdasarkan jenis kulit maka bisa langsung berkonsultasi dengan Ekles Clinic.

Post a comment