Pentingnya Perawatan Anti Aging untuk Kulit Anda - Ekles Clinic | Klinik Kecantikan, Perawatan Wajah, Treatment Wajah

Pentingnya Perawatan Anti Aging untuk Kulit Anda

Membeli Paket Premium 4 Skincare Whitening & Antiaging saja tidak cukup untuk membuat kulit Anda tetap muda. Anda perlu mengaplikasikan produk perawatan dengan urutan yang benar untuk mendapatkan hasil optimal.

Perawatan Anti Aging Rutin di Pagi Hari

Jika Anda tidak ingin melihat garis halus dan kerutan di kulit Anda saat bercermin selepas bangun tidur, Anda perlu menjadikan jenis produk perawatan berikut sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit Anda di pagi hari.

  • Cleanser Berbasis Air

Menggunakan pembersih muka berbasis air merupakan salah satu jenis produk perawatan kulit yang wajib Anda gunakan di usia 30-an. Pembersih jenis ini lebih lembut untuk membantu membersihkan debu, minyak, maupun keringat yang menumpuk semalaman.

Selain itu, penggunaan cleanser berbasis air ini juga berguna untuk mempersiapkan kulit untuk proses perawatan anti aging berikutnya agar hasil yang didapatkan lebih optimal. Mengapa memilih cleanser berbasis air? Bahan dasar air pada cleanser akan membantu membuat kulit Anda tetap lembab.

  • Toner

Toner tidak boleh dilewatkan dalam setiap jenis perawatan kulit. Penggunaan toner ini semakin penting seiring bertambahnya usia karena elastisitas kulit semakin berkurang sehingga lebih rentan terhadap kerusakan.

Tingkat keasaman kulit akan dikembalikan dengan mengaplikasikan toner. Kulit membutuhkan pH yang seimbang agar tetap sehat dan terhindar dari kerutan. Penggunaan toner juga membantu membersihkan debu yang menyumbat pori-pori sehingga kulit lebih siap untuk langkah perawatan berikutnya.

  • Serum Antioksidan

Kulit kita senantiasa terpapar berbagai sumber stres dari lingkungan sekitar, seperti sinar UV, polusi, dan radikal bebas yang bisa merusak sel kulit dan mempercepat proses penuaan. Serum antioksidan akan membantu melembapkan kulit dan melindungi kulit dari sumber-sumber stres tersebut. Radikal bebas akan dinetralkan sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan pada sel kulit Anda.

Selain itu, serum antioksidan juga membantu mencerahkan kulit dan membuat kulit Anda tampak lebih muda.

  • Perawatan Khusus

Perawatan khusus atau spot treatment yang dimaksud meliputi eye cream, wrinkle cream, atau bahkan asam salisilat untuk mengobati jerawat. Perawatan yang memang dikhususkan untuk mengatasi masalah-masalah tertentu yang muncul di wajah bisa diaplikasikan saat ini.

  • Pelembab

Seiring bertambahnya usia, kulit Anda tak bisa lagi mempertahankan kelembaban seperti sebelumnya. Kulit menjadi lebih mudah kering sehingga Anda perlu mengganti kelembaban yang hilang tersebut dengan mengaplikasikan pelembab.

Pelembab akan membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan kenyal sehingga bisa mengurangi kerutan dan tampilan kulit yang menua. Anda bisa juga menggunakan pelembab yang sudah dilengkapi dengan SPF di pagi hari untuk mendapatkan perlindungan maksimal terhadap paparan sinar matahari. Anda bisa memilih produk pelembab berupa krim atau gel yang dilengkapi dengan bahan aktif, seperti vitamin C, niacinamide, atau hyaluronic acid.

  • Facial Oil

Facial oil sebenarnya tidak wajib digunakan, tetapi Anda akan mendapatkan manfaat lebih jika memasukkan produk ini ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda di pagi hari. Jika Anda memiliki tipe kulit kering, facial oil akan membantu membuat kulit Anda menjadi lebih lembap.

Nah, salah satu minyak esensial alami yang berguna untuk perawatan anti aging Anda adalah minyak jojoba yang sangat mirip dengan sebum yang dihasilkan  oleh kulit secara alami sehingga minyak jojoba lebih mudah diserap oleh kulit. Minyak jojoba juga kaya akan antioksidan dan vitamin yang bisa membantu melindungi kulit Anda.

  • Tabir Surya

Perawatan kulit di pagi hari tidak akan lengkap tanpa tabir surya. Apapun jenis kulit Anda, rangkaian perawatan kulit pagi wajib ditutup dengan aplikasi tabir surya. Akan tetapi, langkah ini bisa Anda lewati jika Anda sudah menggunakan pelembab yang sudah dilengkapi dengan tabir surya.

Nah, rangkaian perawatan kulit untuk anti aging di pagi tersebut juga bisa Anda temukan dalam Paket Premium 4 Skincare Whitening & Antiaging.

Perawatan Anti Aging Rutin di Malam Hari

Selain rangkaian perawatan anti aging rutin untuk pagi hari, Anda tidak boleh lupa untuk mengikuti langkah perawatan kulit menjelang tidur di malam hari berikut.

  • Makeup Remover

Rangkaian perawatan kulit untuk anti aging di malam hari wajib dibuka dengan membersihkan wajah menggunakan makeup remover, seperti micellar water. Hanya, Anda perlu melakukannya dengan lembut agar lapisan kulit terluar Anda tidak banyak terlepas.

  • Double Cleansing

Apakah penting untuk double cleansing? Beberapa orang menganggapnya terlalu berlebihan, tetapi langkah ini sangat penting untuk dilakukan karena kulit Anda sudah menghadapi berbagai tantangan di siang hari. Double cleansing menjadi ungkapan cinta Anda terhadap kulit Anda yang harus berhadapan dengan banyak hal mulai dari sinar UV hingga polusi.

Bagaimana cara melakukan double cleansing yang benar? Pertama-tama, Anda bisa menggunakan pembersih muka berbasis minyak untuk melunturkan sisa makeup, tabir surya, dan kotoran yang masih tertinggal di kulit wajah Anda. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan cleanser berbasis air untuk membersihkan sisa SPF dan impurities.

  • Exfoliating

Langkah penting berikutnya adalah exfoliating atau pengelupasan walaupun sebenarnya langkah ini tidak wajib. Anda bisa menggunakan bahan eksfoliasi seperti dengan mengoleskan gula ke kulit atau menggunakan produk eksfoliasi kimia asam laktat atau asam glikolat.

  • Toner

Toner yang digunakan untuk malam hari sama dengan toner yang digunakan di pagi hari. Anda hanya perlu menuangkan beberapa tetes toner ke kapas dan menutulkannya secara lembut di wajah Anda. Langkah ini berguna untuk membuat kulit lebih cerah, meratakan tekstur kulit, dan mempersiapkan kulit untuk langkah perawatan berikutnya.

  • Retinol

Retinol merupakan salah satu solusi yang bisa Anda andalkan untuk mengurangi dan mencegah kerutan. Retinol hanya diaplikasikan di malam hari karena bahan ini akan membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Retinol sangat penting dalam perawatan anti aging karena membantu meningkatkan produksi kolagen yang akan menjaga kulit Anda tampak muda dan segar. Retinol juga membantu meningkatkan regenerasi kulit sehingga kulit tampak lebih cerah dan halus.

Namun, penggunaan retinol sebaiknya Anda lewatkan jika kulit Anda termasuk jenis kulit yang sangat sensitif.

  • Serum

Serum yang kaya akan bahan aktif akan meresap jauh ke dalam lapisan kulit. Oleh karena itu, serum lebih sering digunakan di malam hari karena kulit melakukan perbaikan dan regenerasi saat Anda tidur.

Penting untuk memilih serum yang mengandung bahan penting untuk anti aging, seperti niacinamide dan hyaluronic acid yang terbukti secara ilmiah bisa membantu mengurangi tanda penuaan kulit.

  • Face Masks

Anda bisa mengaplikasikan face masks setelah serum dan di akhir rangkaian perawatan kulit jika jenis face masks Anda memang untuk semalaman (sleep masks). Akan tetapi, jika face masks Anda perlu dibasuh setelah pemakaian, Anda bisa mengaplikasikannya sebelum menggunakan serum.

  • Perawatan Khusus

Jangan lupa untuk menggunakan produk perawatan khusus, seperti eye cream atau krim jerawat.

  • Pelembab

Pelembab yang dipilih sebaiknya mengandung bahan yang membantu membuat kulit Anda menjadi lebih sehat, muda, dan lembut, seperti vitamin C, hyaluronic acid, gliserin, atau ekstrak tea tree. Setelah mengaplikasikan pelembab, Anda bisa menutup rangkaian perawatan anti aging kulit dengan memakai sleep mask.

Produk perawatan anti aging lengkap untuk malam hari juga merupakan bagian dari Paket Premium 4 Skincare Whitening & Antiaging.

Post a comment