Manfaatkan Menggunakan Vitamin C Serum Untuk Wajah - Ekles Clinic | Klinik Kecantikan, Perawatan Wajah, Treatment Wajah

Manfaatkan Menggunakan Vitamin C Serum Untuk Wajah

Agar Anda bisa memiliki kulit wajah yang cerah dan juga terawat, membersihkannya secara rutin dan juga mengoleskan pelembab saja memang tidak cukup. Anda juga harus menambahkan salah produk vitamin C serum.

Serum vitamin C adalah produk perawatan untuk kulit yang memang di dalamnya ada kandungan vitamin C dengan konsentrasi tinggi. Produk yang satu ini pada umumnya mempunyai tekstur yang ringan, encer dan mudah untuk diserap kulit.

Mengaplikasikan vitamin C ke kulit wajah bisa memberikan banyak sekali manfaat langsungnya. Jika dibandingkan hanya mengonsumsi makanan yang di dalamnya terkandung vitamin C ini jauh lebih efektif.

Manfaat Vitamin C di dalam Serum 

Manfaat Serum dengan kandungan vitamin C ini nantinya bisa dirasakan jika Anda secara rutin menggunakannya. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari serum vitamin C adalah:

  1. Membantu merangsang dalam produksi kolagen

Kulit kita sangat membutuhkan yang namanya kolagen supaya tetap terlihat kencang dan elastis. Pada tubuh, kolagen ini akan terbentuk dari dua kombinasi asam amino, yaitu prolin dan glisin yang dibantu vitamin C.

Vitamin C serum yang di aplikasikan ke kulit bisa membantu merangsang produksi kolagen, sehingga kulit terasa tetap kencang dan juga mulus. Hal tersebut, akan berdampak kepada garis-garis halus yang tersamarkan dan kulit menjadi terlihat lebih muda.

  1. Mencerahkan kulit wajah

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan jika vitamin C ini mampu membantu dalam menghambat pembentukan melanin. Melanin ini adalah pigmen yang dapat memberikan warna gelap di rambut, mata dan kulit.

Seseorang yang memiliki warna kulit gelap, mempunyai jumlah melanin yang lebih banyak di kulitnya. Melanin ini sebenarnya mempunyai fungsi sebagai pelindung kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Namun, meningkatnya produksi melanin di kulit justru bisa mengakibatkan hiperpigmentasi yang berupa timbulnya bintik-bintik serta warna kulit tidak rata. Mengoleskan serum vitamin C yang bagus dapat memudarkan bintik hitam di wajah sehingga bisa terlihat cerah.

  1. Memberikan perlindungan dari paparan sinar UV

Vitamin C adalah salah satu jenis dari antioksidan. Antioksidan ini memiliki efek yang dimiliki oleh vitamin C dimana terbukti bisa memberikan perlindungan dan mencegah dari kerusakan dari bahayanya sinar UV.

  1. Melembabkan dan mengatasi kulit yang kering

Vitamin C ini bekerja menggunakan cara menahan kelembaban, sehingga kulit wajah tidak akan mudah kering. Pemakaian serum vitamin C terbaik disinyalir mampu mengatasi kulit yang kasar dan juga kering.

Hal tersebut bisa didapatkan bila digunakan bersamaan dengan pelembab kulit secara rutin.

  1. Kerutan di wajah berkurang

Kerutan dapat muncul bila lapisan kulit kehilangan beberapa kolagen. Munculnya kerutan dapat muncul secara alami karena memang faktor dari usia.

Namun, penuaan dini dapat terjadi jika Anda terlalu sering terpapar sinar matahari dengan jangka waktu yang panjang, merokok dan juga kurang tidur. Agar bisa mencegah terbentuknya kerutan maupun mengalami penuaan dini, Anda dapat memakai vitamin C.

Cara Menggunakan Serum Vitamin C yang Benar Untuk Mendapatkan Kulit Wajah Cerah

Supaya Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang terlihat semakin cerah maksimal, pastinya harus tahu cara untuk mengaplikasikan serum vitamin C yang benar. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

  1. Aplikasikan di pagi dan malam hari

Waktu terbaik untuk menggunakan serum yang memiliki kandungan vitamin C menurut Healthline adalah di pagi dan malam hari. Berdasarkan Indian Dermatology Journal, justru direkomendasikan untuk mengaplikasikannya setiap 8 jam sekali agar didapatkan proteksi terbaik.

Vitamin C ini juga dikenal mempunyai kemampuan untuk memberikan perlindungan kulit dari Radikal bebas dan juga radiasi sinar matahari. Oleh karena itu, penggunaan di pagi hari akan sangat baik.

Bukan hanya itu saja, studi lainnya menyebutkan jika vitamin C sangat baik untuk diaplikasikan di malam hari maupun setelah terpapar sinar UV. Sebab, di kala itu kadar vitamin C yang ada di kulit sedang menurun karena paparan sinar UV.

Serum tersebut akan membantu untuk mengisi uly kadar vitamin yang sedang menurun di kulit.

  1. Gunakan setelah toner

Jika akan memasukkan vitamin C ke dalam rangkaian skincare harian Anda, pastikan untuk mengaplikasikannya setelah mencuci muka dan menggunakan toner. Aplikasikan secukupnya dan jangan terlalu banyak maupun sedikit.

Pijat kulit wajah secara perlahan hingga serum sepenuhnya terserap ke dalam kulit. Setelah meresap dan mengering, Anda tinggal mengaplikasikan moisturizer yang sesuai jenis kulit.

Moisturizer ini nantinya akan memiliki fungsi untuk mengunci serum vitamin C yang sudah Anda aplikasikan sebelumnya.

  1. Pakai sunscreen di pagi hari

Serum vitamin C ini memang sangat terkenal dengan kemampuannya dalam melindungi kulit dari paparan radiasi sinar UV. Walaupun demikian, bukan berarti Anda dapat melewatkan sunscreen di dalam rangkaian skincare harian Anda.

Jangan salah vitamin C ini bisa saja akan meningkatkan sensitif pada kulit dari cahaya matahari sehingga kulit Anda memiliki potensi mengalami iritasi. Oleh sebab itu, pastikan mengaplikasikan sunscreen setelah vitamin C serum dan juga moisturizer di pagi hari.

  1. Jangan mencampurnya dengan bahan aktif lainnya

Agar bisa mendapatkan kulit yang glowing dengan maksimal, pastikan Anda tidak akan menggabungkan pemakaian serum kandungan vitamin C dengan bahan aktif yang lainnya, misalnya BHA, retinol dan AHA.

Vitamin C ini merupakan zat asam dimana penggunaan yang dilakukan bersamaan dengan zat asam lain akan merubah pH dari vitamin C. Hasilnya, serum tersebut tidak akan bisa bekerja secara baik dan maksimal.

Bahkan, jika Anda terlalu banyak menggunakan zat asam pada kulit dapat mengakibatkan iritasi yang lebih buruk. Tidak jauh berbeda dengan retinol, kandungan turunan yang berasal dari vitamin A.

Retinol merupakan bahan aktif yang dapat mengakibatkan iritasi bila digunakan bersamaan dengan vitamin C. Mengingat memang kedua kandungan tersebut memiliki kemampuan dalam mempercepat pergantian sel di kulit.

Oleh karena itu, pastikan Anda tidak akan menggunakannya bersamaan. Anda dapat mengatur waktu untuk menggunakannya dengan baik dan benar.

Contohnya, Anda dapat mengaplikasikan toner yang memiliki kandungan retinol di malam hari. Lalu, baru aplikasikan serum vitamin C ketiak pagi hari.

  1. Konsisten dalam penggunanya

Agar hasilnya semakin maksimal di kulit wajah Anda, maka harus secara konsisten dalam menggunakan serum dengan kandungan vitamin C tersebut. Pastikan jika Anda sudah mengaplikasikannya dengan rutin dan memasukkannya ke rangkaian skincare harian.

Itulah, manfaat yang bisa didapatkan dengan pengaplikasian serum vitamin C secara rutin di wajah Anda. Tidak hanya itu saja, cara penggunaan yang tepat juga akan memberikan hasil yang lebih baik dan sesuai harapan.

Post a comment