Beragam Kandungan Bahan Aktif Dalam Skincare
bahan aktif dalam skincare

Beragam Kandungan Bahan Aktif Dalam Skincare

Menggunakan skincare yang tepat dan sesuai secara rutin menjadi salah satu cara untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Terdapat active ingredients atau bahan aktif dalam skincare yang cara kerjanya lebih optimal dibandingkan bahan lainnya.

Kandungan bahan aktif dalam skincare ini biasanya terdapat pada serum atau toner. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda disarankan untuk memilih produk skincare dengan bahan aktif yang sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda.

Selain itu, pastikan produk tersebut juga aman untuk digunakan. Seperti Ekles Skincare yang sudah bersertifikat BPOM. Berikut adalah macam-macam bahan aktif yang umum terkandung di produk skincare.

 

Vitamin C

vitamin c

Vitamin C dan segala bentuk turunannya seperti ascorbic merupakan jenis antioksidan yang ampuh untuk mencerahkan kulit. Selain itu, Vitamin C juga bisa membantu memudarkan bekas jerawat, mengurangi garis halus, dan kerutan di wajah.

Bahan aktif ini adalah satu-satunya antioksidan yang terbukti mampu meningkatkan produksi kolagen. Untuk Anda ketahui, kolagen adalah bagian penting dari struktur kulit. Semakin baik produksi kolagen, semakin halus dan kencang kulit wajah Anda.

Karena keampuhannya ini, sangat disayangkan jika kita menggunakannya dengan tidak tepat. Vitamin C sangat baik untuk digunakan pada pagi hari bersama dengan niacinamide karena bisa melindungi kulit secara optimal dari efek buruk sinar matahari dan radikal bebas.

Jangan menggunakan Vitamin C bersamaan dengan AHA, BHA, dan retinol. Beberapa orang memiliki kulit yang sensitif terhadap Vitamin C, jadi sebaiknya melakukan patch terlebih dahulu untuk menghindari iritasi.

 

Alpha Hydroxy Acid

alpha hydroxy acid structure

Alpha Hydroxy Acid (AHA) adalah bahan aktif yang paling umum dan paling sering ditemukan pada produk serum dan toner. Terlebih produk-produk yang dikhususkan untuk kulit acne prone atau kulit berjerawat.

Dua senyawa aktif AHA yang paling sering digunakan adalah lactic acid dan glycolic acid. AHA memberikan beragam manfaat untuk kecantikan kulit, seperti mengurangi jerawat dan komedo, secara lembut mengeksfoliasi kulit, dan mencegah tanda-tanda penuaan.

Karena memiliki fungsi untuk mengeksfoliasi kulit, AHA hanya cukup digunakan sekali hingga 2 kali dalam seminggu. Bahan aktif ini akan memberikan hasil dalam waktu 12 minggu. Walaupun AHA adalah bahan eksfoliasi kimia, molekul AHA kecil dan tidak bersifat abrasif sehingga tidak akan menghilangkan kelembaban kulit.

Jika Anda menggunakan produk yang bersifat mengeksfoliasi, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen pada siang hari agar kulit Anda terlindungi.

 

Beta Hydroxy Acid

Beta Hydroxy Acid Structure

Beta Hydroxy Acid (BHA) memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi. Karena itulah bahan aktif ini cocok digunakan pada kulit berjerawat dan sensitif karena bisa mengatasi peradangan dan iritasi berkat kandungan salicylic acidnya.

Selain itu, BHA juga efektif dalam membersihkan pori-pori hingga ke dalam kulit, sehingga kulit selalu bersih dan tidak mudah berjerawat. Untuk kulit yang berminyak, BHA cocok digunakan 2 kali hingga 3 kali dalam seminggu.

Lebih cepat dari AHA, BHA bisa memberikan hasil dalam kurun waktu kurang lebih 2 minggu jika Anda menggunakannya secara tepat dan rutin.

 

Niacinamide

niacinamide chemical structure

Niacinamide merupakan kandungan yang sangat populer akhir-akhir ini. Banyak sekali produk skincare yang menggunakan bahan aktif ini dalam formulanya. Bahan aktif ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari dan polusi.

Manfaat lainnya adalah mengontrol produksi sebum, mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan, meredakan iritasi, dan memperkuat skin barrier. Niacinamide adalah bahan aktif yang paling cocok dan aman untuk digunakan bersama dengan bahan aktif lainnya.

Niacinamide juga aman digunakan pada kulit sensitif dan berjerawat. Karena mampu melindungi kulit, Anda bisa menggunakan produk yang mengandung niacinamide pada siang dan malam hari. Tambahkan sunscreen jika Anda menggunakannya pada siang hari.

 

Hyaluronic Acid

hyaluronic acid chemical structure

Hyaluronic acid adalah bahan aktif yang efektif dalam menjaga kelembaban kulit karena dapat menahan kandungan air dalam kulit. Sehingga, kulit terlihat plump dan segar. Produk yang mengandung bahan aktif ini biasanya akan memberikan efek dewy dan glowing.

Karena mampu melembabkan dan menghidrasi kulit, hyaluronic acid sangat baik untuk pemilik kulit kering.

 

Retinol

retinol chemical structure

Retinol sangat terkenal sebagai bahan yang ampuh dan efektif untuk mengatasi tanda-tanda penuaan. Hal ini karena retinol dapat meresap ke dalam kulit untuk memperbaiki sel-sel kulit, sehingga garis halus dan kerutan pun tersamarkan.

Alasan lainnya retinol baik untuk anti-aging adalah karena dapat mempercepat regenerasi kulit. Namun, penggunaan bahan aktif ini cukup tricky. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memakainya.

Retinol sangat sensitif terhadap cahaya, sehingga Anda tidak diperbolehkan menggunakan skincare yang mengandung retinol pada siang hari. Anda hanya boleh menggunakannya pada malam hari sebanyak 1 kali hingga 2 kali saja dalam seminggu.

Anda bisa menggunakan retinol bersamaan dengan hyaluronic acid dan ceramide. Selain itu, retinol hanya disarankan untuk Anda yang berusia di atas 25 tahun.

 

Ceramide

ceramide chemical structure

Bahan aktif selanjutnya yang ada dalam produk skincare adalah ceramide. Ceramide adalah bahan aktif yang paling cocok digunakan oleh pemilik kulit sensitif. Ada banyak sekali manfaat yang bisa diberikan ceramide untuk kecantikan kulit.

Manfaat-manfaat tersebut termasuk melembabkan kulit, memperbaiki tekstur kulit yang kasar, dan menyamarkan garis halus. Ceramide bekerja dengan menembus ke dalam lapisan kulit untuk memperbaiki skin barrier.

Anda bisa menggunakan serum dan moisturizer yang mengandung bahan aktif ini untuk mendapatkan kulit yang lebih lembab dan skin barrier yang lebih kuat. Ceramide juga aman digunakan bersama dengan bahan aktif lainnya, seperti retinol, AHA, dan BHA.

 

Alpha Arbutin

alpha arbutin chemical structure

Alpha arbutin banyak digunakan pada produk skincare yang berfokus untuk mencerahkan kulit. Bahan aktif ini bekerja dengan cara mencegah pembentukan melanin, yaitu pigmen yang memberikan warna pada kulit.

Alph arbutin juga bisa membantu memperlambat proses penuaan serta menjadikan kulit lebih halus karena dapat merangsang produksi kolagen. Anda bisa menggunakan alpha arbutin bersama dengan glycolic acid, niacinamide, dan Vitamin C untuk mengatasi kulit kusam.

 

Saat memilih produk skincare, Anda harus mengerti terlebih dahulu jenis kulit dan permasalahan kulit yang Anda alami. Dengan begini, Anda bisa memilih jenis skincare yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga masalah kulit Anda pun bisa teratasi dengan baik.

Pastikan juga skincare tersebut mengandung bahan-bahan yang aman yang tidak akan merusak kulit Anda. Seperti Ekles skincare dari Ekles Clinic yang sudah bersertifikat BPOM. Terdapat paket-paket dengan harga yang lebih terjangkau yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Anda bisa mengunjungi website resmi Ekles Clinic atau kantor resminya yang berlokasi di Pluit, Jakarta Utara untuk informasi lebih lanjut. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter di Ekles Clinic untuk menentukan produk dan treatment yang cocok untuk kebutuhan kulit Anda. Siap jadi lebih cantik?

Post a comment