8 Cara Perawatan Wajah Sehari-hari untuk Remaja yang Benar - Ekles Clinic | Klinik Kecantikan, Perawatan Wajah, Treatment Wajah

8 Cara Perawatan Wajah Sehari-hari untuk Remaja yang Benar

Meski usia relatif muda, remaja juga membutuhkan perawatan wajah dan kulit sejak usia dini. Seperti yang Anda lihat, kulit terus diperbarui selama 28 hari. Sayangnya, tidak semua perawatan cocok untuk kulit remaja. Banyak kesalahan perawatan umum menyebabkan masalah kulit. Bagaimana cara perawatan kulit dan wajah sehari-hari untuk remaja? Baca informasi selengkapnya di sini!

Manfaat Perawatan Wajah Sejak Remaja

Menjaga kesehatan kulit adalah investasi dalam penuaan. Oleh karena itu, agar kulit tetap kencang, berkilau, dan berkilau meski di usia 30-an, perawatan kulit dan wajah sejak usia muda sangat dianjurkan. Lalu apa saja manfaat perawatan kulit dan wajah untuk remaja?

  1. Mencegah Masalah Kulit

Aktivitas luar ruangan yang intens selama masa remaja membuat wajah saya terkena sinar matahari, debu, dan polusi. Akibatnya, jerawat, kusam, dan lengket lebih mungkin terjadi. Jika kulit tidak segera dirawat, masalah yang lebih rumit bisa berkembang. Oleh karena itu, mulailah perawatan wajah sejak dini dengan produk perawatan yang tepat sesuai dengan masalah dan jenis kulit Anda.

  1. Menyeimbangkan Produksi Hormon

Memasuki usia remaja, ketidakseimbangan hormon akibat pubertas sering terjadi. Karena aktivitas kelenjar sebaceous dalam produksi hormon, tidak jarang kulit tampak tidak rata, kusam, dan banyak bintik hitam. penting.

Kesalahan Perawatan Yang Umum Dilakukan Remaja

Masih banyak orang yang melakukan kesalahan mendasar yang berdampak pada kesehatan kulit wajah mereka. Apa kesalahan yang paling sering dilakukan? Simak ulasan berikut ini!

  1. Jarang Pakai Double Cleansing

Pembersihan ganda sangat penting bagi remaja. Pasalnya, intensitas aktivitas menyebabkan polusi, debu, dan kotoran di pori-pori Anda, sehingga Anda perlu membersihkannya dengan benar. Menggunakan pembersih sangat penting untuk menjaga pori-pori Anda tetap bersih.

  1. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Remaja sering mencuci muka ketika merasa kotor atau sedikit berminyak. Untuk menjaga kelembapan kulit wajahnya, dianjurkan hanya perlu mencuci muka dua kali sehari (sebelum dan sesudah beraktivitas) untuk mengontrol produksi sebum alami dengan baik.

  1. Tidak Melengkapi Perawatan Kulit Dasar

Tahukah Anda bahwa remaja tidak membutuhkan perawatan kulit berlapis-lapis? Perawatan kulit dasar seperti pembersih, pelembap, dan tabir surya dapat memberi Anda kulit yang mulus dan sehat.

Jenis Kulit Wajah

Sebelum memilih jenis perawatan wajah, penting untuk mengetahui terlebih dahulu jenis kulit Anda. Berikut adalah berbagai jenis kulit wajah yang harus Anda ketahui.

  1. Kulit Berminyak

Minyak memiliki efek perlindungan pada kulit, tetapi terlalu banyak dapat memiliki efek sebaliknya. Ini karena sebum berlebih dapat menjebak sel kulit mati dan menyumbat pori-pori. Akibatnya, jerawat dan jerawat muncul. Namun, kulit berminyak ditandai dengan fakta bahwa wajah menjadi lembap atau bernoda sebum berlebih.

  1. Kulit Kering

Tidak seperti kulit berminyak, orang dengan kulit kering menghasilkan lebih sedikit sebum. Minyak yang sedikit ini dapat dengan mudah mengelupas kulit Anda karena kurang lembab. Saat kulit terasa sangat kering, biasanya terasa gatal dan perih. Ciri lain dari kulit kering adalah kulit pecah-pecah dan terlihat kasar.

  1. Kulit Kombinasi

Jenis kulit ini ditandai dengan kekeringan di beberapa bagian wajah dan berminyak di bagian wajah lainnya. Fitur lain yang dapat dikenali adalah pori-pori yang membesar, komedo, dan pori-pori yang mengkilap.

  1. Kulit Lembut

Seperti namanya, jenis kulit ini sangat sensitif. Ini karena fungsi pelindung alami kulit sangat rendah sehingga mudah bereaksi terhadap pemicu seperti perubahan cuaca, stres, perubahan hormonal, hewan peliharaan, debu, dan bahan kimia. Orang dengan kulit sensitif biasanya merasa merah, gatal, dan kering.

  1. Kulit Normal

Kulit manusia dikatakan normal bila terdapat keseimbangan antara kelembapan dan minyak (sebum). Keseimbangan ini membuat kulit tidak terlalu lengket atau terlalu kering. Untuk jenis kulit normal biasanya tidak ada masalah seperti kulit yang mengkilap, lembab dan kulit dengan pori-pori yang nyaris tidak terlihat.

Cara Melakukan Perawatan Wajah Sehari-hari Untuk Remaja

Nah, kamu Anda tahu kan kesalahan yang sering dilakukan para remaja saat harus merawat wajah? Ayo cari tahu apa saja cara melakukan perawatan kulit dan wajah sehari-hari untuk remaja, khususnya dibawah ini.

  1. Membersihkan Kulit Secara Teratur

Pertama, selalu bersihkan wajah setelah beraktivitas, meski tidak memakai make up. Pasalnya, kotoran dan sebum yang menempel di wajah dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat dan kusam.

Untuk itu, sangat disarankan untuk mencuci muka setidaknya sekali sehari dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Kulit berminyak bisa menggunakan foam atau gel cleanser. Sedangkan jika kulit Anda kering, gunakan face wash dengan double hyaluronic acid agar tetap terhidrasi.

  1. Hindari Pencuci Muka Yang Mengandung Exfoliant

Untuk kulit kering atau sensitif, perawatan wajah remaja yang benar setiap hari adalah tidak menggunakan lulur sebagai sabun wajah. Pasalnya, exfoliant dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit akibat gesekan partikel.

  1. Gunakan Toner

Perawatan wajah sehari-hari bagi remaja adalah tetap menggunakan lotion setelah mencuci muka. Fungsi toner di sini adalah untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari wajah Anda, mempersiapkan kulit Anda sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya dalam perawatan kulit.

  1. Gunakan Pelembab

Menggunakan pelembap atau moisturizer dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bebas masalah pada wajah. Pastikan untuk memilih pelembab.

  1. Sering-seringlah Mengoleskan Tabir Surya (sunscreen)

Bagian penting dari perawatan wajah harian remaja adalah menggunakan tabir surya dengan serius. Menggunakan tabir surya atau tabir surya dapat membantu mencegah bekas jerawat dan bintik hitam di wajah Anda. Oleh karena itu, pilihlah produk dengan SPF minimal 30 dan gunakan secara rutin setiap hari untuk menjaga diri Anda terbebas dari efek berbahaya paparan sinar matahari.

  1. Jangan Memencet Jerawat

Meskipun menjengkelkan, jangan tergoda untuk memencet jerawat Anda. Masalahnya, memencet jerawat dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan yang dapat membuat kulit Anda semakin terinfeksi.

  1. Lakukan Masker Wajah Seminggu Sekali

Selain membersihkan wajah dan menggunakan toner, sebaiknya lakukan eksfoliasi seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati. Pilih produk yang baik untuk kulit Anda. Masker dikenal dengan kemampuannya untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

Jangan menggosok wajah terlalu keras saat mengaplikasikannya. Karena dikhawatirkan kulit akan rusak dan menjadi perih dan merah. Untuk alasan ini, kami merekomendasikan memilih masker yang lembut dan membersihkan secara menyeluruh.

Post a comment