Manfaat Toner untuk Wajah, Lengkap! - Ekles Clinic | Klinik Kecantikan, Perawatan Wajah, Treatment Wajah
Manfaat Toner untuk Wajah

Manfaat Toner untuk Wajah, Lengkap!

Ada cukup banyak produk skincare yang bisa dibeli dan diaplikasikan ke wajah. Produk-produk tersebut adalah toner, essence, serum, pelembap, minyak wajah, dan banyak lagi. Menggunakan semua produk tersebut tentunya akan membantu penggunanya memiliki wajah yang mulus dan cerah. Namun ada satu produk yang dianggap banyak orang tidak memiliki manfaat khusus sehingga bisa ditinggalkan. Produk itu adalah toner. Toner adalah cairan yang biasa dipakai setelah cuci muka. teksturnya cair dan tidak berbau. Tekstur cair dan tidak banyaknya bahan terkonsentrasi di dalamnya membuat produk ini kurang diminati karena dianggap tidak memberikan hasil yang memuaskan. Padahal, ada sangat banyak manfaat toner untuk wajah yang bisa didapatkan oleh penggunanya.

Apa Itu Toner?

Toner merupakan produk skincare yang terbuat dari air. Toner dapat digunakan untuk menghapus sisa makeup, debu, dan minyak yang tetap menempel bahkan setelah kamu mencuci muka. Toner biasanya memiliki banyak bahan aktif yang memiliki manfaatnya sendiri-sendiri. Contohnya seperti gliserin yang dapat membuat kulit menjadi lembab atau niacinamide yang bisa membuat kulit jadi cerah. Dilihat dari kandungan dan fungsinya, toner memiliki dua jenis, yaitu toner pelembab dan toner eksfoliasi. Kedua toner ini bisa memberikan hasil yang maksimal jika digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Fungsi Toner untuk Jerawat

Berikut ini penjelasan tentang beberapa fungsi toner sebagai skincare jerawat. Ini dia penjelasannya!

Menyeimbangkan PH

Toner dapat membantu menyeimbangkan PH pada wajah. pH memiliki skala 0-14, dimana 7 adalah titik netral. Kulit yang sehat biasanya memiliki pH yang agak asam pada 4,7-5,75. Kulit wajah tidak akan mudah memiliki masalah kulit apabila PH nya sesuai. Hal ini akan membantu dalam menampilkan kulit wajah yang lebih cerah, halus, dan tidak berjerawat.

Detoksifikasi

Tampilan dan kesehatan kulit bisa terpengaruh oleh racun racun yang berasal dari zat buatan industri kimia dan lingkungan. Toner dapat membantu untuk menghilangkan racun racun tersebut dan zat-zat lainnya yang ada di dalam kulit. Inilah alasan kenapa toner bisa membantu membuat wajah jadi lebih cerah dan sehat. Toner juga bisa membantu untuk menghilangkan jerawat, bekas jerawat, dan mengurangi keriput.

Mengecilkan Pori-Pori

Kotoran, minyak, dan berbagai macam hal lainnya bisa masuk ke dalam pori-pori wajah dengan lebih mudah jika ukurannya besar. Hal ini bisa menyebabkan infeksi dan iritasi. Kamu bisa mengatasinya dengan cara menggunakan toner karena toner bisa mengencangkan pori-pori wajah. Toner dapat membantu untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang ada di wajah sehingga wajah bisa jadi lebih bersih dan bebas jerawat.

Mengatasi Jerawat

Jerawat yang sedang meradang biasanya akan terasa sakit dan setelah peradangannya selesai akan menimbulkan bekas jerawat. Toner akan membantu untuk menghilangkan bekas jerawat dan juga jerawat-jerawat yang kemungkinan akan tumbuh di wajah karena toner bisa membantu untuk menghapus kotoran, debu, dan lapisan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

Fungsi / Manfaat Toner untuk Wajah selain Jerawat

Berikut ini adalah fungsi atau manfaat toner untuk wajah selain jerawat. Ini dia pembahasannya!

Melembabkan dan Membuat Wajah jadi Sehat

Wajah membutuhkan cairan supaya kelenturan dan kelembabannya bisa terjaga. Toner akan memenuhi kebutuhan ini sehingga wajah bisa terlihat lebih muda. Ada juga toner toner yang memiliki vitamin dan nutrisi di dalamnya sehingga kulit bisa tetap sehat. Jika kulit kamu lembab maka kamu akan bisa terlindungi dengan lebih baik lagi dari tanda-tanda penuaan kulit dan membuat make up kamu terlihat lebih bagus. Pastikan untuk tidak melewatkan toner dalam rangkaian skin care kamu.

Melindungi Kulit

Tambahan kelembaban dan nutrisi yang diberikan toner kepada kulit bisa menambah lapisan pelindung pada permukaan kulit sehingga kulit tidak mudah terkena dampak lingkungan yang dapat merusak kulit.

Meningkatkan Manfaat Aplikasi Skincare Lain

Semua toner memiliki fungsi tertentu sesuai dengan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Contohnya seperti ekstrak Eucalyptus yang bisa menenangkan kulit atau hyaluronic acid yang bisa melembabkan kulit. Ekstrak ginseng juga bisa membantu merangsang sirkulasi darah sehingga kulit bisa lebih sehat. Kulit yang sehat dapat menyerap bahan-bahan dari produk skin care lainnya secara lebih baik sehingga hasilnya juga bisa lebih maksimal.

Manfaat Toner Saffron untuk Wajah

Berikut ini adalah beberapa manfaat toner saffron untuk wajah yang Anda mesti ketahui!

Melawan Jerawat

Toner Saffron bisa membantu untuk melawan jerawat karena Saffron memiliki manfaat anti bakteri dan anti peradangan. Saffron sudah dikenal sebagai bahan alami yang bisa membantu untuk mengatasi jerawat atau peradangan pada wajah akibat jerawat. Kamu bisa merendam 10 helai Saffron dan 5-6 daun basil di air selama 15 menit dan setelah itu kamu bisa aplikasikan ke wajah.

Mengatasi Bekas Jerawat

Bukan hanya bisa melawan jerawat tetapi toner Saffron juga bisa mengatasi bekas jerawat yang membandel. Kamu bisa menggunakan gabungan Saffron dan daun basil yang sudah kami sebutkan pada cara sebelumnya untuk menghilangkan bekas jerawat. Saffron juga memiliki manfaat antifungal dan bisa memiliki manfaat anti bakteri karena digabungkan dengan daun basil. Kulit akan lebih sehat dan bekas jerawat bisa hilang.

Mengatasi Lingkar Hitam di Mata

Saffron juga bisa menghilangkan mata panda. Caranya adalah dengan menggunakan toner Saffron ditambah beberapa bahan lainnya. Kamu bisa menggunakan Saffron yang dicampur dengan 2 sendok air putih dan direndam selama 1 malam. Setelah kamu mengekstrak campuran itu, kamu bisa mengaplikasikannya pada wajah yang sudah bersih. Campuran ini bisa digunakan untuk menghilangkan kulit kusam pada area mata, mengeksfoliasi kulit, dan juga memperlancar sirkulasi darah sehingga kulit bisa lebih halus dan cerah.

Mencerahkan Wajah

Saffron bisa digunakan untuk membuat kulit menjadi bercahaya. Kamu dapat mencampurkan Saffron dengan air mawar, lalu mengaplikasikannya ke wajah supaya kulit bisa lebih cerah. Atau kamu bisa mencoba mencampurkan Saffron dengan jeruk lemon. Campurkan kedua bahan ini dan tunggu selama 1 jam sebelum kamu mengaplikasikannya ke wajah. Cara ini terbilang cukup efektif dalam menghasilkan wajah yang cerah karena Saffron memiliki senyawa crocin yang penuh antioksidan dan vitamin C bisa melancarkan peredaran darah serta membuat kulit lebih lembab.

Manfaat Toner Kombucha untuk Wajah

Kombucha terbuat dari teh hijau dan teh hitam. Seperti yang sudah kita ketahui, teh hijau memiliki senyawa antioksidan anti inflamasi dan anti mikroba yang bisa mengobati jerawat dan kulit berminyak. Polifenol yang terdapat dalam teh hijau juga bisa mengurangi produksi sebum yang bisa menyebabkan jerawat. Polifenol ini juga bisa melawan infeksi yang terjadi di wajah. Sehingga dapat kita simpulkan kalau teh hijau bisa mengendalikan pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan jerawat.

Teh hitam memiliki kandungan antioksidan dan polifenol yang dapat digunakan sebagai anti aging. Teh hitam dapat mengurangi produksi dari gen yang menghasilkan enzim pendegradasi kolagen. Dikatakan juga kalau teh hitam sangat efektif dalam mengurangi kerutan daripada teh lainnya. Toner kombucha yang terbuat dari kedua teh tersebut dipercaya bisa memberikan manfaat yang sama pada kulit.

Manfaat Toner Pare untuk Wajah

Berikut ini adalah beberapa manfaat toner pare untuk wajah yang perlu Anda ketahui!

Anti-Aging

Jika kamu memiliki masalah akan penuaan dini maka kamu bisa menggunakan pare sebagai toner untuk mengatasi masalah ini. Pare bisa mencegah penuaan dini karena memiliki antioksidan dan juga vitamin C yang dapat membuat tubuh bisa menghasilkan lebih banyak kolagen sehingga kerutan bisa tersamarkan.

Mengurangi Minyak Berlebih

Pare juga sangat berguna dalam menyerap dan membersihkan wajah dari minyak. Pare sangat disarankan untuk mereka yang memiliki kulit berminyak karena manfaat ini. Menggunakan Pare secara teratur bisa membuat wajah bisa terbebas dari minyak berlebih.

Mengobati Jerawat dari Infeksi Kulit

Pare memiliki sifat anti inflamasi sehingga bisa mengobati masalah jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya. Kandungan vitamin C yang tinggi juga bisa membuat kulit terbebas dari radikal bebas. Vitamin C juga membantu dalam mencegah kerusakan pada kulit. Pare berguna dalam mengobati eksim, gatal, dan psoriasis. Infeksi jamur juga bisa disembuhkan dengan bahan ini. Kamu bisa membuat masker wajah dari pare dengan cara membuang bijinya terlebih dahulu dan mencampurkannya dengan kulit jeruk kering. Blender kedua bahan ini sampai airnya berkurang. Setelah itu, kamu baru bisa mengaplikasikannya ke wajah. Gunakan masker ini sebanyak 2 kali seminggu untuk mengatasi jerawat dan komedo.

Membuat Kulit Glowing

Pare juga bisa membuat kulit jadi glowing. Manfaat ini bisa didapatkan dari pare karena adanya antioksidan yang cukup tinggi pada pare. Pare juga bisa memperlancar sirkulasi glukosa ke organ dan sel tubuh lainnya sehingga wajah tidak kusam.

Mengurangi Ruam

Pare juga bisa mengobati warna kulit yang tidak rata akibat sinar matahari. Kamu bisa menggunakannya dengan cara menjadi campuran air mandi. Rebus pare sampai mendidih dan gabungkan rebusan ini dengan air bak untuk mandi. Lakukan cara ini secara rutin dan kamu bisa merasakan hasilnya setelah beberapa hari.

Manfaat Toner Lemon untuk Wajah

Berikut ini beberapa manfaat toner lemon untuk wajah yang kalian perlu tahu!

Mengobati Jerawat

Lemon bisa membantu dalam mengatasi jerawat. Lemon disimpulkan oleh para peneliti bisa mengatasi jerawat yang diakibatkan bakteri karena memiliki efek antibakteri. Lemon juga bisa mengobati jerawat yang meradang saat PMS. kamu bisa menggunakan lemon dengan cara meremasnya lalu airnya dicampur dengan air. Cairan ini bisa kamu oleskan pada bagian berjerawat dengan cotton bud dan didiamkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air. Lemon juga bisa digunakan dengan cara diminum. Peras 1 lemon dan campur dengan 3 gelas air. Minum air ini untuk membantu mengatasi jerawat.

Menyamarkan Bekas Jerawat

Lemon juga bisa menghilangkan bekas jerawat karena kandung AHA yang ada di dalamnya. Asam sitrat dalam lemon bisa bekerja sebagai eksfolian yang dapat merontokkan sel sel kulit mati. Bekas jerawat yang ada akan tersamarkan olehnya. Cara melakukannya cukup mudah, kamu bisa mengusapkannya di muka dan tunggu selama 10 menit. Ulangi cara ini secara rutin untuk melihat hasilnya.

Mencerahkan Wajah

Lemon bisa digunakan sebagai pencerah wajah alami. Rajin meminumnya dan menggunakannya sebagai masker bisa membuat wajah menjadi lebih cerah. Hal ini karena lemon memiliki asam sitrat dan vitamin C sehingga dapat mencerahkan kulit. Vitamin C yang merupakan antioksidan juga dapat menetralkan radikal bebas dan membantu meningkatkan produksi kolagen. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan lemon dengan air dan mengaplikasikannya di wajah. Tunggu selama 20 menit, dan bilas. Kamu bisa juga mencampur perasan lemon dengan satu sendok madu. Aplikasikan ke wajah dan tunggu selama 15-20 menit, lalu bilas. Dengan melakukan ini secara rutin, kamu bisa mendapatkan wajah yang cerah.

Mencegah dan Mengatasi Penuaan Dini

Lemon juga membantu untuk mencegah penuaan dini. Lemon memiliki antioksidan yang akan merangsang produksi kolagen supaya menangkal radikal. Hal ini akan membantu kulit supaya lebih awet muda. Berbagai masalah penuaan dini juga bisa diatasi dengan lemon. Contohnya keriput dan pigmentasi. Flek hitam pada wajah bisa hilang karena lemon. Kamu dapat melakukannya dengan mengaplikasikan air lemon pada daerah yang terdapat flek hitam. Ada cukup banyak bahan pada lemon yang dapat membantu mencerahkan wajah karena membantu dalam pengelupasan kulit.

Menghilangkan Komedo

Komedo adalah masalah yang sangat umum terjadi di wajah seseorang. Komedo bisa dihilangkan dengan lemon karena adanya kandungan asam sitrat di dalamnya. Kamu bisa mengoleskan lemon pada bagian yang terdapat komedo menggunakan cotton bud. Jika kamu melakukannya setiap hari, kamu akan bisa melihat hasilnya secara cepat.

Mengatasi Wajah Berminyak

Wajah berminyak dapat mengganggu penampilan karena membuat wajah jadi kusam. Namun, kamu bisa menggunakan lemon untuk mengatasinya. Lemon memiliki asam sitrat yang berfungsi sebagai astringen yang dapat mengurangi produksi sebum. Kamu bisa mengoleskan air lemon ke wajah menggunakan kapas setelah mandi untuk mendapatkan manfaatnya.

Memutihkan Wajah

Lemon juga bisa membuat kulit lebih putih karena asam sitrat yang ada di dalamnya. Asam sitrat adalah komponen pemutihan alami yang dapat mencerahkan dan membuat kulit lebih bersih. Campurkan 2 sendok makan air perasan lemon dengan 2 sdm air putih. Oleskan cairan ini ke seluruh wajah dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas. Ulangi langkah ini untuk mendapatkan kulit lebih putih. Kamu dapat menambahkan madu untuk mendapat manfaat lainnya.

Cara Menggunakan Toner Untuk Wajah

Toner dapat digunakan sebagai pembersih setelah kamu membersihkan wajah. Kamu bisa menuangkan toner ke kapas dan mengoleskannya ke seluruh wajah. Setelah toner digunakan, kamu bisa mengoleskan pelembab meski kulit masih lembab. Namun tunggu beberapa saat untuk menggunakan obat jerawat, sunscreen, dan retinoid sampai toner benar-benar kering. Hal ini karena produk tersebut bisa membuat kulit wajah terasa panas jika langsung diaplikasikan saat masih lembab. Manfaat yang kamu dapatkan dari produk tersebut juga berkurang. Toner merupakan produk yang memiliki banyak kandungan yang berguna untuk kulit sehingga kamu bisa mencari tahu jenis kulit wajah kamu terlebih dahulu sebelum memilih toner untuk mendapatkan hasil maksimal.

Tips Memilih Toner

Berikut ini adalah beberapa tips perihal memilih toner yang tepat untuk wajah Anda!

Kulit Kering dan Sensitif

Kamu bisa menggunakan toner tanpa alkohol jika kulit kamu kering atau sensitif. Pilih toner yang memiliki kandungan gliserin, butilena glikol, dan hyaluronic acid supaya kulit terhidrasi.

Kulit Acne Prone atau Berminyak

Kamu juga bisa menggunakan toner tanpa alkohol untuk kulit yang berjerawat. Pilih juga kandungan eksfoliasi seperti alpha hydroxy acid yang dapat membersihkan wajah dengan lebih baik. Rasa geli yang muncul menandakan kalau nilai pH toner tersebut sudah tepat. Pilih juga toner dengan kandungan salicylic acid yang sangat cocok untuk jenis kulit ini.

Kulit Normal

Kulit normal bisa memilih toner dengan kandungan koenzim Q10, asam hyaluronat, gliserin, dan vitamin C. gunakan toner seperti yang sudah disarankan. Jangan gunakan asal-asalan tanpa membaca cara penggunaannya.

FAQ terkait Manfaat Toner

Seperti yang sudah kami bahas di atas, toner memiliki sangat banyak kegunaan dalam merawat wajah. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, pasti muncul pertanyaan-pertanyaan di kepala kita. Entah itu bahan di dalam toner, kapan penggunaannya, toner yang cocok untuk umur tertentu, toner untuk kulit tertentu dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya. Disini, kami akan membantu kamu dengan cara memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut yang semoga dapat membantu kamu saat kamu ingin memulai menggunakan toner pada skincare sehari-hari kamu. Pertanyaan dan jawaban yang akan kami sajikan adalah pertanyaan dan jawaban yang sangat sering ditanyakan. Berikut adalah FAQ terkait dengan manfaat toner yang harus kamu ketahui sebagai skincare addict.

Apa Saja yang Termasuk Bahan Alami Toner Terbaik?

Berikut ini adalah jawaban atas pertanyaan apa yang termasuk bahan alami toner terbaik.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit. Lidah buaya bisa membuat kulit menjadi lebih lembab dan menghidrasi kulit. Iritasi karena sinar matahari dan pori pori yang besar juga bisa diatasi oleh lidah buaya. Kamu bisa membuat toner dari lidah buaya dengan cara mengambil gel lidah buaya dan mencampurkannya dengan air. Simpan campuran ini di kulkas supaya saat digunakan di wajah bisa lebih segar.

Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan dan polifenol yang membantu dalam menjaga kelembapan wajah. Teh hijau juga bisa mengurangi radikal halus dan menghancurkan radikal bebas di kulit. Toner dari teh hijau bisa didapatkan dengan cara merebusnya lalu didinginkan. Gunakan air ini menggunakan kapas.

Air Mawar

Air mawar bisa membantu mengangkat kotoran pada wajah serta menjaga kekencangan kulit. Toner air mawar ini tidak sulit untuk dibuat karena kamu hanya membutuhkan kelopak air mawar yang bersih yang merebusnya sampai mendidih. Simpan air ini di lemari es selama 1 hari, baru kamu bisa menggunakannya.

Cuka Apel

Cuka apel memiliki manfaat bagi kesehatan juga kulit. Pada wajah, cuka apel bisa mengurangi wajah karena asam yang ada di dalamnya bisa membuat pori pori lebih normal dan sangat cocok untuk kulit berminyak. Toner dari cuka apel bisa dibuat dengan mudah, kamu hanya perlu menuang satu sendok cuka apel ke satu gelas air dan menggunakannya untuk membersihkan wajah dengan kapas.

Air Lemon

Lemon memiliki banyak manfaat bagi kulit, seperti mencerahkan, mengangkat flek hitam, dan mengatasi jerawat. Air perasan lemon ini bisa digunakan menggunakan kapas supaya sisa kotoran di wajah bisa dibersihkan dengan baik. Lakukan ini dengan rutin supaya bisa mendapatkan manfaatnya.

Mentimun

Banyak manfaat bagi kulit yang bisa didapatkan dari kulit. Air yang ada di dalam mentimun bisa digunakan untuk toner dan sangat baik untuk menghidrasi kulit. Toner dari timun juga tidak sulit untuk dibuat, kamu hanya harus memarut timun dan remas parutan tersebut sampai keluar airnya. Toner bisa diaplikasikan dengan kapas.

Air Beras

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari air beras. Dengan menggunakan air ini, kamu bisa mendapatkan wajah yang lebih cerah dan mengurangi minyak di wajah. Toner dari air beras bisa didapatkan dengan mudah dengan cara mencuci beras sampai bersih lalu menyaring air beras dan memasukkannya ke botol bersama dengan dua tetes tea tree oil. Simpan toner ini di kulkas dan aplikasi ke wajah dengan kapas.

Apa Saja Toner untuk Kulit Sensitif?

Berikut ini adalah bahan toner yang biasa dipakai untuk kulit wajah yang sensitif.

Timun

Timun yang mengandung astringent bisa mengatasi wajah yang dehidrasi pada wajah. Minyak pada wajah juga bisa dikurangi dengan bahan ini. Kamu hanya perlu memarut timun dan memeras sampai airnya keluar, lalu ditambahkan air lemon untuk bisa menggunakannya di wajah.

Air Mawar

Air mawar terbukti bisa membantu mengangkat kotoran dan membuat kulit lebih kencang. Kamu bisa mendapatkan toner air mawar dengan merebus kelopak mawar yang bersih sampai mendidih lalu didinginkan. Setelah dingin, kamu bisa menggunakannya.

Teh Hijau

Antioksidan adalah kandungan yang sangat penting untuk kulit dan ada di dalam teh hijau. Kamu bisa menggunakan toner teh hijau dengan merebus teh hijau dan mendinginkannya. Toner teh hijau bisa digunakan.

Cuka Apel

Apel dapat membuang kotoran pada kulit berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Jika kamu memiliki cuka apel, kamu bisa menggunakan ini sebagai toner dengan mengambil dua sendok makan cuka apel dan mencampurkannya dua sendok makan air. Aduk kedua cairan ini dan gunakan.

Lemon

Bahan ini sedikit rawan digunakan pada kulit sensitif. Namun, jika kamu menggunakannya dengan tepat maka kamu bisa mendapat manfaat yang sangat besar. Peras air lemon dan tambahkan air. Aplikasikan ke wajah selama 3 menit dan bilas dengan air.

Pepaya

Pepaya adalah buah yang dapat dijadikan toner. Potong pepaya kecil kecil dan masukkan ke dalam botol semprot yang sudah terisi air. Semprotkan ke wajah menggunakan kapas untuk mengusapnya. Perlu diketahui kalau toner ini hanya bisa digunakan selama 4 hari.

Lidah Buaya

Gel lidah buaya bisa membuat wajah menjadi lebih lembab. Kamu juga bisa menggunakan gel ini sebagai toner. Ambil gelnya dan masukkan ke dalam botol yang sudah diisi air. Semprotkan ke kapas dan usapkan ke wajah.

Apa Saja Toner untuk Kulit Berjerawat?

Berikut ini adalah bahan alami yang cocok dipakai untuk toner pada kulit berjerawat.

Lemon

Lemon memiliki banyak manfaat untuk kulit. Lemon bisa mengangkat sel kulit mati, menghilangkan flek hitam, mencerahkan kulit, dan juga mengatasi jerawat. Toner lemon bisa kamu dapatkan dengan cara menyiapkan buah lemon dan memotongnya menjadi dua bagian untuk diambil airnya. Air ini akan digunakan sebagai toner untuk membersihkan wajah. Gunakan kapas untuk menyapu kotoran yang ada. Kandungan astringent di dalam lemon dapat membantu membuat pori pori menjadi lebih kencang. Kamu bisa terus menggunakan cairan ini bila masih ada sisa. Namun kamu harus berhati hati akan rasa perih saat menggunakannya karena kandungan asam yang tinggi. Kamu bisa melakukan tes dengan cara mengoleskan sedikit lemon ke kulit dan jika kamu tidak menemukan reaksi parah maka kamu bisa menggunakannya.

Timun

Timun bisa digunakan sebagai masker dengan cara memotongnya. Timun juga bisa digunakan untuk toner untuk mengatasi jerawat karena kandungan astringent di dalamnya. Efek mendinginkan, membuat kenyal, dan menghaluskan kulit juga bisa didapatkan dari bahan ini. Kupas timun dan haluskan dagingnya untuk bisa mendapatkan airnya. Air ini adalah toner alami yang bisa kamu aplikasi ke kulit. Kamu juga bisa menambahkan satu sendok sari lemon ke timun supaya kamu bisa mendapatkan manfaat ganda dari kedua bahan ini.

Teh Hijau

Kandungan antioksidan dalam teh hijau dikenal sangat baik untuk kulit. Teh hijau dapat menunda penuaan kulit dan menghilangkan berbagai masalah pada kulit karena stress. Hal ini karena adanya sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang ada di dalamnya. Toner wajah dari teh hijau bisa dibuat dengan merebus teh hijau dengan air lalu menunggunya sampai dingin untuk digunakan sebagai toner. Antioksidan dan antiseptik pada teh hijau bisa mengobati jerawat yang membandel. Gunakan toner ini secara rutin untuk mendapatkan hasilnya.

Apa Saja Toner untuk Remaja?

Toner yang bagus untuk remaja biasanya di dalamnya bebas silikon, mengandung Witch Hazel juga Aloe Vera yang baik digunakan untuk menyeimbangkan kadar sebum pada wajah & mampu mengecilkan pori-pori, mengandung tea tree oil & grape seed oil yang efektif buat mengatasi penyebab timbulnya jerawat, serta kandungannya terdapat Glycerin dan Arbutin.

Pakai Toner Berapa Kali Sehari?

Sebenarnya, toner tidak harus digunakan setiap hari. Karena skin care bisa kamu gunakan sesuai dengan keadaan kulit kamu pada saat itu. Saat kamu merasa membutuhkan toner, kamu bisa menggunakannya. Namun, kamu tidak harus menggunakan toner saat kulit kamu terasa baik baik saja. Kamu bisa mencuci muka dan langsung menggunakan pelembab. Jika kamu menggunakan toner setiap hari, gunakan sebanyak 1-2 kali saja sehari. Namun ini juga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kulit kamu.

Itulah beberapa informasi kecantikan yang dapat kami berikan terkait dengan manfaat toner untuk wajah. Setelah membaca bacaan di atas, kamu pasti lebih sadar akan pentingnya memasukkan toner dalam skincare sehari-hari kita. Ada sangat banyak manfaat yang diberikan toner sehingga melewatinya tentu akan membuat skincare yang kamu lakukan menjadi kurang maksimal hasilnya. Dalam pemilihan toner, kamu perlu memperhatikan jenis kulit kamu dan juga tekstur serta bahan dari toner tersebut supaya hasil yang kamu dapatkan dari toner bisa maksimal. Salah dalam memilih toner bisa menyebabkan kulit kamu menjadi berjerawat atau kering. Semoga artikel ini dapat membantu kamu mengetahui lebih dalam akan manfaat toner untuk wajah dan semoga kita semua bisa memiliki kulit yang glowing di tahun ini.


Featured Image: Photo by Poko Skincare on Unsplash 

Post a comment