Hindari Kebiasaan Berikut Yang Membuat Pori-pori Besar - Ekles Clinic | Klinik Kecantikan, Perawatan Wajah, Treatment Wajah
pori pori wajah

Hindari Kebiasaan Berikut Yang Membuat Pori-pori Besar

eklesclinic.com – Ternyata pori-pori besar menjadi momok yang membuat kehilangan rasa percaya diri selain komedo dan jerawat. Penyebab pori-pori besar disebabkan oleh faktor inernal tubuh dan lingkungan. Selain mengganggu penampilan, pori-pori wajah yang membesar juga membuat aplikasi riasan wajah tidak mampu menutup pori-pori dengan sempurna.

 

Meskipun ada make up yang dianggap mampu menutupi pori-pori wajah, namun hal ini hanya berlangsung sementara. Untuk mengecilkan pori-pori wajah, sebaiknya perlu tahu terlebih dahulu penyebab pori-pori membesar. Pori-pori wajah adalah lubang kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan keringat dan sebum (minyak alami). Umumnya penyebab pori besar adalah sebum yang berlebihan. Lubang yang besar bisa menyebabkan pori tersumbat akibat penumpukan kotoran serta sel kulit mati. Sehingga pori wajah yang terbuka akan tampak semakin jelas terlihat.

 

Selain produksi sebum yang berlebihan, ternyata berbagai hal ini beresiko menyebabkan pori-pori membesar, mulai dari lingkungan, kondisi tubuh hingga kebiasaan sehari-hari.

Apa saja penyebab pori-pori wajah membesar?

  • Malas membersihkan wajah setelah make up

Wajah yang bermakeup saja sudah rentan berpori besar jika malas dibersihkan. Malas membersihkan wajah sampai tuntas maka akan semakin besar kemungkinan pori-pori terlihat lebih besar karena tersumbat kotoran dan minyak yang menjadi komedo.

Baca Juga : Beberapa Faktor Penyebab Jerawat Dan Cara Mengatasinya

 

  • Terlalu banyak menkonsumsi makanan berlemak

Makanan berlemak dan berminyak akan membuat wajah jadi gampang berminyak dan komedo. Ujung-ujungnya pori akan semakin terbuka lebar.

 

  • Terlalu tebal melapisi wajah dengan kosmetik

Kosmetik rentan membuat wajah yang terpapar bahan kimia terus menerus lekas menua dan meningkatkan resiko pori membesar.

 

  • Memencet komedo

Memencet komedo sendiri akan membuat wajah jadi iritasi dan justru akan membuat pori terluka dan meninggalkan luka parut. Memencet komedo harus dilakukan oleh ahlinya.

 

  • Sering terpapar sinar matahari

Terpapar sinar matahari tanpa perlindungan apapun akan merusak produksi kolagen dan elastin yang membuat wajah jadi cepat menua dan pori akan terlihat membesar. Mulai sekarang jangan malas pakai sunblock yang berfungsi juga menghindari dari resiko kanker kulit.

 

  • Terlalu sering cuci muka

Membersihkan wajah wajib dilakukan secara rutin untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Jika tidak, kondisi ini dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat. Meski kotoran dan sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori, membersihkan wajah terlalu sering justru dapat menjadi penyebab pori-pori besar. Penggunaan sabun atau produk pembersih wajah yang terlalu sering berpotensi mengiritasi kulit. Akibatnya, kulit akan menebal dan mengakibatkan pori-pori wajah besar.

 

  • Tidak pernah menjadwalkan waktu khusus untuk membersihkan komedo di klinik kecantikan

Membersihkan komedo harus dilakukan yang ahli dibidangnya. Seperti di Ekles Clinic yang merupakan klinik kecantikan yang ditangani oleh tenaga yang profesional dibidangnya.

Post a comment