Cuci Muka Ritual Ringan Yang Tak Sembarangan - Ekles Clinic | Klinik Kecantikan, Perawatan Wajah, Treatment Wajah
Cuci Muka Ritual Ringan Yang Tak Sembarangan

Cuci Muka Ritual Ringan Yang Tak Sembarangan

eklesclinic.com – Cuci muka merupakan ritual harian yang biasa kita lakukan. Namun jangan anggap sepele merawat kesehatan dan kecantikan wajah. Lakukan dengan benar maka kulit wajah akan bersih sempurna.

Menurut dr. Ricky Waani, dokter manager ekle’s clinic jakarta, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar cuci muka memberikan manfaat optimal.

Apa saja yang harus diperhatikan saat cuci muka?

  • Kenali jenis kulit

Jenis kulit wajah lebih mudah dikenal pada saat bangun tidur dimana wajah terbebas dari make up. Beberapa jenis kulit wajah yaitu berminyak, kering, normal, kombinasi dan sensitif. Jenis kulit kombinasi adalah di mana pada bagian T yang mencakup dahi, hidung dan dagu berminyak sementara bagian lain kering atau normal. Sedangkan wajah yang mudah mengalami iritasi dan alergi merupakan jenis kulit wajah sensitif. Mengenal jenis kulit wajah ini penting agar tidak salah merawat termasuk saat mencuci muka. Kenali dahulu jenis kulit dan jangan sampai kita salah memakai produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit.

  • Frekuensi cuci muka

Ternyata, mencuci muka terlalu sering tidak disarankan. Mencuci muka lebih dari empat kali dalam sehari justru mengakibatkan kadar minyak dalam kulit berkurang. Cuci muka sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari menjelang tidur. Bila perlu, boleh ditambahkan sekalu di siang hari jika terpapar debu yang berlebih.

 

Baca Juga : Buah Yang Bisa Bikin Kulit Mulus Dan Kencang

 

  • Cara cuci muka

Pada umumnya, bila tanpa make up, mencuci muka dapat langsung dilakukan. Untuk wajah yang menggunakan make up, sebelum mencuci muka harus membersihkan make up terlebih dahulu karena cuci muka saja tidak cukup. Bersihkan make up dengan susu pembersih atau toner baru kemudian cuci muka dengan sabun wajah.

Lakukan sabun di tangan dan ratakan pada muka, dahi, dagu hingga leher, lalu lakukan pijatan halus dengan gerakan memutar searah jarum jam. Setelah itu bilas dengan air, bisa air hangat atau air biasa. Pada kulit wajah kering tidak dianjurkan memakai air hangat. Cukup dengan air biasa saja.

 

  • Perawatan setelah cuci muka

Setelah mencuci muka, selalu gunakan sunscreen cream. Tidak hanya untuk berkegiatan diluar ruang saja, ternyata bagi anda yang beraktivitas didalam ruang juga perlu menggunakannya. Panas dari api ketika memasak, lampu neon ataupun lampu yang berwarna kuning ternyata juga mengandung UV. Bahkan UV masih bisa masuk kedalam ruangan melalui kaca. Sunscreen cream sangat baik untuk melindungi kulit wajah.

 

Untuk kulit kering, gunakan pelembab sebelum sunscreen cream. Namun tidak demikian halnya utuk jenis wajah berminyak atau normal. Suncreen cream dengan SPF diatas 30 atau 40 sudah bisa melembabkan. Pada perempuan dewasa di atas usia 30 tahun, setelah mencuci muka sebaiknya menambahkan serum agar kelembaban wajah terjaga karena seiring bertambahnya usia maka collagen pun akan menurun. Serum sangat baik untuk mempertahankan keremajaan kulit.

Post a comment